Selamat Datang di Web SMP Negeri 2 Dawan tahun pelajaran 2023/2024

Senin, 27 Februari 2023

Semarak Bulan Bahasa Bali V SMPN 2 Dawan

 



Dawan, Februari 2023

SMP Negeri 2 Dawan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung menggelar perayaan Bulan Bahasa Bali V di sekolah setempat, Rabu [22/2] 2023.

Video Singkat



Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini mengusung tema ‘’Segara Kerthi;Campuhan urip sarwa prani’’, yang dimaknai sebagai akar pemuliaan Bahasa, Akasara, dan Sastra Bali untuk untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk.

Kepala Sekolah SMPN 2 Dawan, Putu Buditayasa, S.Pd, didampingi ketua panitia I Ketut Dwi Adnyana Putra, S.Pd, mengatakan, ‘’Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali V dilaksanakan pada bulan Februari, selama 3 hari berturut-turut dimulai dari Rabu [22/2] s/d Jumat [24/2].’’ Dalam pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ada 4 lomba yang digelar yakni lomba nyurat aksara bali, lomba matembang, lomba mapidarta, dan lomba busana adat ke pura. Siswa wajib ikuti lomba,’’ ungkap Buditayasa, S.Pd.

Pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal [22/2] menggelar sesolahan dengan menampilkan seni dan apresiasi berbahasa bali oleh siswa/siswi SMPN 2 Dawan, yakni tari cendrawasih, tari tenun, dan satua I Belog.

Acara perlombaan yang di gelar pada Kamis [23/2] berjalan dengan baik. Perlombaan diwakili oleh pasangan putra – putri dari masing masing kelas baik Kelas IX Nyurat Lontar, Kelas VIII Mapidarta, Kelas VII Metembang. Sementara Utsawa ‘’ Festiva ‘’ Jumat [24/2] di bagi dalam 2 kegiatan yakni Busana Adat ke Pura oleh  pasangan putra/putri  di masing tingkat, dan Menyalin Aksara Bali  di wajibkan  untuk seluruh siswa, ‘’Ujar Kepsek SMPN 2 Dawan.

Lomba ini bertujuan untuk mengoptimalkan  bakat para siswa di bidang seni dan budaya. 
Juara Nyurat Lontar Ni Kadek Intan Pratiwi kelas IX/G, Juara lomba Matembang Ni Kadek Anggita Putri/ Ni Ketut Oktaviani Putri  kelas VIID, Juara Mapidarta A.A. Gede Oka Riski Permana/ Kadek Intan Cahyani kelas VIIIE, Juara Busana Adat ke Pura Ni Ketut Ayu Mas Pebri Andayani/ I Made Awidya Pranata. Masing – masing pemenang mendapatkan piagam dan bingkisan. Menurut guru mata pelajaran Bahasa Bali, Ni Nengah Sureni, ‘’Banyak siswa yang berbakat di bidang sastra, siswa juga sangat antusias mengikuti kegiatan.’’

By:  Respenda Mading Comunity


1 komentar: